Selasa, 02 Mei 2017

Karakteristik Media Sosial

1.      Karakteristik Media Sosial
Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh media sosial antara lain adalah (Purnama, 2011: 216) :
1.      Jangkuan: daya jangkauan media sosial mencakup skala kecil hingga khalayak global
Media sosial tidak memiliki batasan atas siapa saja orang yang dapat berinteraksi dengan individu, media sosial lebih kepada mengklasifikasikan orang-orang yang terdekat dengan individu. Media sosial digunakan oleh sebagian besar masyarakat didunia oleh sebab itu maka media sosial memiliki cakupan yang besar dan luas terhadap seluruh pengguna didunia.
2.      Aksesibilitas: media sosial lebih mudah diakses dengan biaya yang terjangkau.
Karakteristik yang kedua adalah hal yang paling mencolok dari media sosial sebagai sebuah alat komunikasi massa dibandingkan dengan media massa yang lain. Kemudahan dari segi pengaksesan dan juga pemasangan di setiap smartphone adalah sebuah keunggulan dari media sosial yang mencolok.
3.      Penggunaan: media sosial relatif mudah digunakan karena tidak memerlukan ketrampilan dan pelatihan khusus.
Penggunaan media sosial sebagai sebuah alat interaksi sangat simpel dan juga tidak perlu memakan waktu yang lama. Media sosial dapat dipelajari penggunannya dengan waktu yang sangat singkat karenanya media sosial dapat digunakan oleh siapa saja.
4.      Aktualitas: media sosial dapat memancing respon khalayak lebih cepat.
Akses media sosial yang mudah dan cepat membuat segala aktifitas yang dilakukan menjadi sangat mudah mendapatkan respon, hal ini dikarenakan adanya sebuah keterikatan dan link yang menghubungkan pengguna media sosial yang satu dengan yang lainnya. Contohnya aktifitas dalam menyampaikan kritik ataupun cerita mengenai kejadian-kejadian viral yang dapat memancing timbulnya pendapat. Hal ini akan sangat cepat mendapat respon karena media sosial cepat memperbaharui informasi yang dibagikan oleh pengguna.
5.      Tetap: mudah dalam melakukan proses pengeditan dalam media sosial

Media sosial memberikan kemudahaan bagi setiap pengguna yang akan melakukan sunting terhadap hal apa saja yang dibagikan. Berbeda dengan media massa Koran yang apabila sudah tercetak ataupun terbit kekhalayak disadari terdapat kesalahan, maka akan sangat sulit untuk melakukan sunting atau pengeditan terhadap kesalahan yang ada. Media sosial yang bersifat sangat privasi sehingga apapun kesalahan yang telah diposting dapat diperbaharui kembali dengan mudah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar