1. Karakteristik Media Sosial
Beberapa
karakteristik yang dimiliki oleh media sosial antara lain adalah (Purnama, 2011:
216) :
1. Jangkuan:
daya jangkauan media sosial mencakup skala kecil hingga khalayak global
Media
sosial tidak memiliki batasan atas siapa saja orang yang dapat berinteraksi
dengan individu, media sosial lebih kepada mengklasifikasikan orang-orang yang
terdekat dengan individu. Media sosial digunakan oleh sebagian besar masyarakat
didunia oleh sebab itu maka media sosial memiliki cakupan yang besar dan luas
terhadap seluruh pengguna didunia.
2. Aksesibilitas:
media sosial lebih mudah diakses dengan biaya yang terjangkau.
Karakteristik
yang kedua adalah hal yang paling mencolok dari media sosial sebagai sebuah
alat komunikasi massa dibandingkan dengan media massa yang lain. Kemudahan dari
segi pengaksesan dan juga pemasangan di setiap smartphone adalah sebuah keunggulan dari media sosial yang
mencolok.
3. Penggunaan:
media sosial relatif mudah digunakan karena tidak memerlukan ketrampilan dan
pelatihan khusus.
Penggunaan
media sosial sebagai sebuah alat interaksi sangat simpel dan juga tidak perlu
memakan waktu yang lama. Media sosial dapat dipelajari penggunannya dengan
waktu yang sangat singkat karenanya media sosial dapat digunakan oleh siapa
saja.
4. Aktualitas:
media sosial dapat memancing respon khalayak lebih cepat.
Akses
media sosial yang mudah dan cepat membuat segala aktifitas yang dilakukan
menjadi sangat mudah mendapatkan respon, hal ini dikarenakan adanya sebuah keterikatan
dan link yang menghubungkan pengguna media sosial yang satu dengan yang
lainnya. Contohnya aktifitas dalam menyampaikan kritik ataupun cerita mengenai
kejadian-kejadian viral yang dapat memancing timbulnya pendapat. Hal ini akan
sangat cepat mendapat respon karena media sosial cepat memperbaharui informasi
yang dibagikan oleh pengguna.
5. Tetap:
mudah dalam melakukan proses pengeditan dalam media sosial
Media
sosial memberikan kemudahaan bagi setiap pengguna yang akan melakukan sunting
terhadap hal apa saja yang dibagikan. Berbeda dengan media massa Koran yang
apabila sudah tercetak ataupun terbit kekhalayak disadari terdapat kesalahan,
maka akan sangat sulit untuk melakukan sunting atau pengeditan terhadap
kesalahan yang ada. Media sosial yang bersifat sangat privasi sehingga apapun
kesalahan yang telah diposting dapat diperbaharui kembali dengan mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar